CONTOH SURAT PERNYATAAN HUTANG DENGAN JAMINAN

Surat Pernyataan Atau Perjanjian Hutang - Berhutang atau menghutangi seseorang adalah hal yang sudah biasa dalam kehidupan sehari-hari, bahkan ada banyak perusahaan yang mulai bermunculan khusus untuk menawarkan pinjaman uang dengan jaminan barang tertentu. Tapi lain halnya jika kita hanya ingin meminjam uang kepada teman atau krabat terdekat kita, Jadi mau tidak mau salah satunya harus membuat surat pernyataan sebagai bukti adanya peminjaman uang.

Contoh surat perjanjian hutang dengan jaminan, surat perjanjian hutang tampa jaminan.

Dalam surat perjanjian atau pernyataan hutang ada dua jenis surat, Yaitu surat perjanjian hutang dengan jaminan dan surat perjanjian hurang tanpa jaminan. Namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan membagikan contoh surat yang mempunyai jaminan.

Terus apa fungsi jaminan tersebut?. Ya seperti yang kita ketahui banyak penip*an yang sering terjadi belakangan ini, apalagi yang di pinjamkan ini adalah berupa uang yang sangat mudah untuk di bawa kabur.

Baca Juga : CONTOH SURAT JUAL BELI TANAH DAN CARA MEMBUATNYA

Meskipun itu saudara, tidak ada salahnya untuk mengadakan yang namanya jaminan, Kita tidak pernah tau apa yang akan terjasi di kemudian hari nanti. Jika di suatu hari nanti waktu pelunasan hutang sudah tercapai dan kita si pemberi hutang lagi butuh uang tapi si penghutang belum bisa melunasi atau membayarnya maka yang akan kita gunakan untuk menutupi utang adalah jaminanya.

Pengertian Surat Perjanjian Hutang
Surat perjanjian Hutang adalah surat kesepakatan mengenai hak dan kewajiban antar masing-masing pihak yang saling mengikat diri untuk membuat sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. Dalam hal ini sesuatunya adalah pemberi dan kewajiban pengembalian hutang yang bisa berupa barang atau uang.

Tujuan Surat Perjanjian Hutang
  • Untuk memberikan ketenangan bagi kedua belah pihak yang berjanji karena adanya kepastian didalam surat perjanjian hutang yang di buat.
  • Untuk mengetahui secara jelas batas hak dan kewajiban pihak kedua bela pihak yang berjanji.
  • Untuk menghindari terjadinya kecurangan dan perselisihan antara kedua yang bersangkutan.
  • Untuk bahan penyelesaian perselisihan atau perkara yang mungkin timbul akibat adanya yang ingkar dalam perjanjian.
Setelah selesai membaca dan mengetahui beberapa keuntungan akan adanya surat perjanjian ini maka mungkin kalian sudah tak sabar untuk membuat surat perjanjian kalian sendiri. Dan untuk kalian yang belum begitu paham akan cara dan susunan dalam membuat surat perjanjian, Di sini juga aku berikan contoh dan cara membuat suratnya.

Contoh Surat Perjanjian Hutang Dengan Jaminan

SURAT PERJANJIAN UTANG PIUTANG
==================================================================
Pada hari ini Jum’at Tanggal Dua Belas Bulan November Tahun Dua Ribu Tujuh belas, kami yang bertanda tangan di bawah ini setuju mengadakan Perjanjian Utang Piutang yaitu: 

1.Nama:  Nur Faidah

Umur:  27 Tahun

Pekerjaan:  Guru Tk Nurul huda Japos

Alamat:  Jl. Sukarela Peninggilan/japos No 86 Ciledug Tangerang


Untuk selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

2.Nama:  Hafifah Auliya

Umur:  24 Tahun

Pekerjaan:  Wiraswasta

Alamat:  Jl. Komplek Pembangunan  blok f17 No. 99 Jakarta

Untuk selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.
Maka melalui surat perjanjian ini disetujui oleh Kedua Belah Pihak ketentuan-ketentuan sebagaimana tercantum di bawah ini:
  1. PIHAK PERTAMA telah menerima uang tunai sebesar Rp.750.000.000,- (Tuju Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) dari PIHAK KEDUA yang dimana uang tunai tersebut adalah hutang atau pinjaman.
  2. PIHAK PERTAMA bersedia memberikan barang jaminan yakni …………., yang nilainya dianggap sama dengan uang pinjaman kepada PIHAK KEDUA.
  3. PIHAK PERTAMA berjanji akan melunasi uang pinjaman KEPADA PIHAK KEDUA dengan tenggang waktu selama 7.5 (Tuju setengah) bulan terhitung dari ditandatanganinya Surat Perjanjian ini.
  4. Apabila nantinya dikemudian hari ternyata PIHAK PERTAMA tidak dapat membayar hutang tersebut, maka PIHAK KEDUA memiliki hak penuh atas barang jaminan baik untuk dimiliki pribadi maupun untuk dijual kepada orang lain.
  5. Surat Perjanjian ini dibuat dalam 2 (Dua) Rangkap bermaterai cukup dan masing-masing rangkap mempunyai kekuatan hukum yang sama, masing-masing untuk PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA.
  6. Surat Perjanjian dibuat dan ditandatangani oleh Kedua Belah Pihak secara sadar dan tanpa tekanan dari Pihak manapun di Tangerang pada hari, tanggal dan bulan seperti tersebut di atas.
Demikianlah surat perjanjian utang-piutang ini dibuat bersama di depan saksi-saksi, dalam keadaan sehat jasmani dan rohani dan untuk dijadikan sebagai pegangan hukum bagi masing-masing pihak.

PIHAK PERTAMA,
Nur Faidah
PIHAK KEDUA,
Hafifah Auliya

Saksi-saksi :
NAMATANDA TANGAN
  1. Jafar ID
  2. Karnilah
  3. Harisah
  4. Darwis are
  1. ………………………..
  2. ………………………..
  3. ………………………..
  4. ………………………..

Demikian artikel ini di buat untuk memberikan panduan kepada kalian yang butuh panduan dalam membuat Surat Perjanjian atau Pernyataan Hutang dengan Jaminan. Tentu hal ini sangat berharga bagi kalian yang lagi mau membuat sebuah perjanjian baik dengan teman, krabat, maupun dengan orang lain, maka dari itu saya sempatkan untuk membuat postingan ini untuk menjawab semua pertanyaan yang kalian lontarkan di papan ketik search Again..

Semoga bermanfaat panduanya, jangan lupa utuk terus berkunjung di blog ini karna akan ada banyak postingan bermanfaat yang akan saya bagikan di sini tiap harinya. Good Dada Babay

0 Response to "CONTOH SURAT PERNYATAAN HUTANG DENGAN JAMINAN"

Post a Comment